Facebook 

Pengertian Camber,Caster.Turning Radius Serta Spooring Front Wheel Aligment

Spooring (Front Wheel Aligment/Geometri Roda) 

FWA atau biasa dikenal dengan spooring Adalah suatu pekerjaan penyetelan sudut sudut geometri roda depan (kelurusan roda depan) agar didapat kenyamanan saat melakukan pengemudian . Biasanya atau pada umumnya interval melakukan spooring adalah 10.000km. 



Spooring sendiri meliputi penyetelan camber,caster,kingpin inclination dan jarak offset, toe in,toe out serta turning radius.

Hai sobat kali ini topik materi yang akan kita bahas yaitu mengenai apa saja yang dilakukan penyetelan pada saat kita melakukan spooring atau Front Wheel Aligment(FWA).

Baca juga "Cara melakukan Spooring dengan sensor 3D''

Berikut ini akan dijelaskan mengenai item yang perlu diperhatikan saat spooring.Pengertian dan penjelasan tentang apasih camber itu ,caster  itu apa? ,sumbu kingpin itu apa?,dan kawan-kawannya yang lain, ini tentunya sangat berpengaruh dan merupakan hal mutlak yang harus dipahami oleh setiap mekanik khususnya bagian FWA. Tapi anda sendiri sebagai pemilik kendaraan roda 4 alangkah baiknya paham akan materi ini, Untuk itu mari kita bahas.

v  Camber

Camber adalah sudut yang dibentuk oleh kemirigan roda bagian atas terhadap garis vertikal, bila dilihat dari depan atau belakang kendaraan.

Camber ada yg positif dan ada yang negatif.
 Camber positif adalah apa bila roda miring kearah luar terhadap garis vertikal, sedangkan camber negatif adalah apabila roda miring kearah dalam terhadap garis vertikal.

Fungsi sudut camber:
ü  Mencegah keausan ban pada bagian dalam atau luar.

ü  Membantu mengarahkan kendaraan dengan menempatkan berat kendaraan pada pangkal spindle.

v  Caster

Caster adalah sudut yang dibentuk oleh kemiringan kingpin atau perpanjangan garis sumbu sambungan peluru (balljoint) atas dan bawah dengan garis vertikal,bila dilihat dari samping kendaraan.

 Caster ada negatif dan positif. 
Caster positif adalah apabila titik potong perpanjangan garis sumbu kingpin dengan jalan berada didepan titik pusat persinggungan ban dengan jalan sedangkan sudut caster negatif adalah apabila titik potong perpanjangan garis sumbu kingpin dengan jalan.

Fungsi sudut caster :
ü  Mengontrol pengemudian atau arah kelurusan kendaraan pada saat berjalan.
ü  Mengembalikan stir keposisi lurus setelah dibelokkan.

v  Kingpin inclination dan jarak offset

Sudut kingpin adalah sudut yang dibentuk oleh kemiringan sumbu kingpin atau perpanjangan garis sumbu sambungan peluru atas dan bawah terhadap garis vertikal,apa bila kendaraan dilihat dari depan atau belakang.

Jarak offset adalah jarak yang dibentuk oleh perpotongan antara garis tengah ban dengan kemiringan sumbu kingpin terhadap jalan.

v  Toe in, toe out, dan Turning radius

 Toe in adalah jarak roda depan bagian depan lebih pendek dibandingkan dengan jarak bagian belakang, sedangkan toe out sebaliknya.

 Turning radius adalah perbedaan sudut belok roda depan yaitu sudut roda dalam lebih besar dibanding sudut roda luar, dikarenakan  kemiringan lengan knuckle kemudi atau steering knuckle arm.

  Fungsi toe dan turning radius :
ü  Mencegah keausan ban yang disebabkan adanya slip kesamping pada saat kendaraan membelok.
ü  Membuat kendaraanmembelok dengan lembut, karena pusat putaran roda kiri dan kanan terletak pada satu titik.