Pengaruh setingan katup
hai sebelumnya saya perkenalkan diri saya dulu saya seorang blogerr baru ,sebenarnya saya itu bukan org yang pandai dalam membuat kata-kata mungkin jika disini saya kurang tepat atau salah dalam kata mohon dimaklumi dan dingatkan agar dapat lebih baik lagi dalam membuat blog.
Berikut berbagai pengaruh akibat kerenggangan katup yang tidak sesuai/setandar:
1.Bila celah katup terlalu renggang maka akan menimbulkan:
2.Bila celah katup terlalu rapat maka akan membuat katup terlalu lama membuka sehingga menyebabkan berbagai masalah sebagai berikut:
SEKARANG SAYA AKAN MENGAJARKAN CARA MENSETING KATUP DENGAN BENAR
-tool box
-kunci sok
-kunci pembuka tutup katup
-kunci penyetel katup
Setelah itu buka penutup lubang pada sisi kiri blok mesin motor dan buka juga tutup lubang pada bagian atas blok kiri mesin atau di bagian samping ini sesuai desain mesin motornya sesuai merek masing-masing.
Lalu setelah itu kita buat posisi piston dalam keadaan top,dengan cara memutar mangkok mangnet dengan kunci sok ,putar ke arah kiri sambil melihat pada roker arm(penekan katup) putar terus sampai roker arm bergerak kebawah menekan katup dan sampai kembali keatas .
Setelah itu ,baru kita lihat bagian lubang yang kecil putar lagi mangnet kekiri sampai terlihat garis dan huruf T ,tepat kan garis itu pada koakan(cekungan) pada lubang kecil.Bila sudah tepat maka mesin dalam keadaan TOP,dan siap untuk disetel katupnya.
Setelah mesin dalam keadaan TOP .
Nah setelah baut pengunci kendor lalu setel kerenggangan katup dengan cara ,kendorkan dulu baut penyetel dengan kunci penyetel katup.
Setelah itu selipkan fuller guage yg memiliki ketebalan yg sesuai dengan setandar (sesuai sepesifikasi reparasi kendaraan) kerenggangan klep setiap mesin.
Setelah itu kencangkan baut penyetel kerenggangan katup sampai fuller guage agak seret ketika akan dilepas, ini harus sangat pas agar ukuran kerenggangan katup tepat.Setelah dirasa tepat(sudah pas) copot fuller guage dan kencangkan baut pengunci rokker arm menggunakan kunci ring.
Setelah menyetel katup intake selanjutnya menyetel katup exhaust cara dan langkahnya sama seperti menyetel katup intake.
hai sebelumnya saya perkenalkan diri saya dulu saya seorang blogerr baru ,sebenarnya saya itu bukan org yang pandai dalam membuat kata-kata mungkin jika disini saya kurang tepat atau salah dalam kata mohon dimaklumi dan dingatkan agar dapat lebih baik lagi dalam membuat blog.
Oh ya disini saya akan menjelaskan tentang pengaruh setingan katup yg tidak benar dan juga cara menseting katup/klep dengan benar.
yak langsung saja gak usah basa-basi.- Pertama yang perlu anda ketahui bahwa sebenarnya mennyetel katup dengan cara yang salah dapat berdampak fatal pada mesin kendaraan dan perlu anda ingat bahwa kerenggangan katup pasti akan berubah akibat sudah lama sehingga akan menimbulkan aus pada roker arm(penekan katup) dan juga pada pantat katup.
Berikut berbagai pengaruh akibat kerenggangan katup yang tidak sesuai/setandar:
1.Bila celah katup terlalu renggang maka akan menimbulkan:
- Suara yang bising di mesin kendaraan itu akibat dari tumbukan antara roker arm dengan pantat katup.
- Selain itu juga akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yg masuk terlalu sedikit ini akan membuat mesin menjadi panas.
- Pembuangan sisa-sisa pembakaran juga tidak efisien, turunnya performa mesin .
- Mesin sulit untuk dihidupkan.
2.Bila celah katup terlalu rapat maka akan membuat katup terlalu lama membuka sehingga menyebabkan berbagai masalah sebagai berikut:
- Konsumsi bahan bakar jadi boros .
- Mesin susah dihidupkan.
- Kompresi mesin terganggu.
- Performa mesin jadi lemah.
SEKARANG SAYA AKAN MENGAJARKAN CARA MENSETING KATUP DENGAN BENAR
- Siapkan alat -alatnya :
-tool box
-kunci sok
-kunci pembuka tutup katup
-kunci penyetel katup
- Nah selanjutnya kita mulai UNTUK menseting katupnya:
Setelah itu buka penutup lubang pada sisi kiri blok mesin motor dan buka juga tutup lubang pada bagian atas blok kiri mesin atau di bagian samping ini sesuai desain mesin motornya sesuai merek masing-masing.
Lalu setelah itu kita buat posisi piston dalam keadaan top,dengan cara memutar mangkok mangnet dengan kunci sok ,putar ke arah kiri sambil melihat pada roker arm(penekan katup) putar terus sampai roker arm bergerak kebawah menekan katup dan sampai kembali keatas .
Setelah itu ,baru kita lihat bagian lubang yang kecil putar lagi mangnet kekiri sampai terlihat garis dan huruf T ,tepat kan garis itu pada koakan(cekungan) pada lubang kecil.Bila sudah tepat maka mesin dalam keadaan TOP,dan siap untuk disetel katupnya.
Setelah mesin dalam keadaan TOP .
- Selanjutnya kita setel kerenggangan katupnya :
Nah setelah baut pengunci kendor lalu setel kerenggangan katup dengan cara ,kendorkan dulu baut penyetel dengan kunci penyetel katup.
Setelah itu selipkan fuller guage yg memiliki ketebalan yg sesuai dengan setandar (sesuai sepesifikasi reparasi kendaraan) kerenggangan klep setiap mesin.
Setelah itu kencangkan baut penyetel kerenggangan katup sampai fuller guage agak seret ketika akan dilepas, ini harus sangat pas agar ukuran kerenggangan katup tepat.Setelah dirasa tepat(sudah pas) copot fuller guage dan kencangkan baut pengunci rokker arm menggunakan kunci ring.
Setelah menyetel katup intake selanjutnya menyetel katup exhaust cara dan langkahnya sama seperti menyetel katup intake.